Sunday, September 1, 2013

Tips Merawat Bass

  • Senar yang Bersih
Paling tidak seminggu sekali, bersihkanlah senar Anda. Para peneliti beranggapan bahwa saat bermain bass, tanpa disadari manusia mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangannya. Ini karena kerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Hal ini jarang disadari oleh para bassist.
Apakah banyak daki di setiap permukaan yang dibatasi tiap fret-nya (fretboard)? Itu disebabkan karena setelah bermain, senar bass Anda terkena keringat Anda; juga kotoran, debu dan lain lain. Apabila Anda tidak rajin membersihkan senar, maka juga akan timbul karat di senar Anda. Dan senar yang berkarat akan merusak fret bass Anda.
Senar bisa dibersihkan dengan cara dilap dengan bahan kaos yang lembut. Bila perlu dibasahi dengan cairan string cleaner (pembersih senar) yang tersedia di toko-toko musik. Bersihkanlah senar Anda di seluruh bagian senar.
Selain membersihkan senar, Anda juga perlu mengendorkan senar bass Anda bila tidak dipakai lama (karena Anda bepergian selama sekian lama ke luar kota, misalnya). Ini bertujuan agar neck bass Anda tidak melengkung. Senar bass yang disetel adalah tali yang ditegangkan; dan penegangan ini akan menarik dua sisi yang menegangkan. Tarikan akibat ketegangan lini bisa membengkokkan neck, walau kemungkinannya kecil.

  • Membersihkan Papan Frett & Frett
Buka senar, lalu bersihkan papan frett dengan lap, agar kotoran ( Daki ) yang menempel hilang. Gosok papan frett hingga bener-bener bersih. Terutama dari jenis kayu Ebony, rosswood mengkilat kembali gosok menggunkan minyak goreng baru sedikit saja. Papan frett akan mengkilap kembali.Untuk membersihkan frett, gunakan sikat gigi bekas, gosok permukaan dan samping tiap masing-masing frett. Frett yg jarang di bersihkan akan banyak menumpuk kotoran berwarna hijau dan akirnya FRETT akan terkena korosi.

  • Cek Wiring Pickup
Wiring pickup memang jarang tersentuh tetapi, karena lama di makan usia, terkadang soldering Cable putus. Cek bagian wiring cable, lihat apakah ada solderan yang terkelupas, jika ada maka sambung kembali menggunakan Solder & timah ke posisi semula.

  • Potensio
Potensio akan habis ( Aus ) dan akirnya jika di putar timbul suara "grusuk -grusuk".. langkah pertama bongkar bagian wiring. Lihat di belakang badan potensio ada bagian lubang kecil yg terbuka. Semprot menggunakan potensio cleaner atau sejenisnya. Setelah di semprot, cek ulang.. biasanya gresek2 akan hilang. JIka masih ada, maka kemungkinan Potensio harus di ganti. Ganti potensio yg sesuai ukurannya 500kilo, 250kilo.

  • Jack Female
Harus sering di perhatikan, jika suara putus nyambung , maka di pastikan Jack bagian kakinya sudah lemah, dan tidak menyangkut dgn sempurna ke Male jack, Ganti.
Itulah beberapa "Tips Merawat Bass Yang Baik" semoga bermanfaat untuk anda semua yang ingin tahu bagaimana cara merawat bass dengan baik.

No comments:

Post a Comment